Rabu, 22 Desember 2010

euphoria hari ibu....

hari ini tepat tanggal 22 desember yang biasa diperingati sebagai hari ibu. melihat banyak sekali status FB dan juga media2 lain yang memberikan penghargaan berupa kata2 kepada ibu.
sebenarnya tidak harus menunggu hari ini untuk memperingati hari ibu ya....tetapi ternyata euphoria hari ibu ini begitu melekat.

kadang saya bertanya mengapa tidak ada hari bapak??karena bila di lihat secara subjektif, setiap makhluk memainkan peranan mereka masing2...ibu dengan peranan nya...dan ayah pun juga melengkapi keluarga dengan cara nya sendiri, tapi mengapa ibu begitu dipuja??

saya pernah membaca sebuah buku mengenai peran seorang pria dan wanita pada kehidupan dan khususnya keluarga. Sang Pencipta pun memang sangat tepat menempatkan tugas kedua jenis makhluk ini....

kata ibu disini lebih menunjukkan seorang wanita...nah wanita yang cenderung emosional dan sangat "feeling oriented" diberi peran oleh Alloh sebagai pengampu kasih sayang keluarga..melahirkan anak,, merawat anak dan suami...mengasihi sesama...dan semua yang berpengaruh pada perasaan dan hal2 yang melibatkan emosional..wanita juga dikenal bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sama sekaligus...jadi jangan heran bila seorang wanita bisa memasak, merawat anak, mengangkat telpon misalnya dalam waktu yang hampir bersamaan...^^...di sinilah kuasa Alloh SWT bekerja mengingat betapa banyaknya tugas mulia seorang wanita.

bicara tentang perasaan yang selalu berorientasi pada wanita dan pria yang lebih mengedepankan logika, jangan dikira para pria tidak punya perasaan...kadang mereka bisa merasakan suatu keadaan lebih sensitif daripada wanita....ya walaupun tidak seperti wanita yang hapal betul suatu keadaan sampai ke detail2 nya..para pria punya cara mereka yang unik sekali untuk melihat "sesuatu" dengan logika mereka...kaum adam ini dikenal lebih tahan terhadap stressor dunia luar, termasuk tanggungjawab besar yang mereka pikul sebagai kepala keluarga, pencari nafkah, plus decission maker...filosofi inilah yang dulu kabarnya mengawali kenapa banyak orang2 yang duduk di pemerintahan , birokrat, atau pemimpin2 negara juga... itu adalah seorang laki2...(tapi sekarang dah banyak wanita juga....emansipasi gituuu)


karena perbedaan dan pola pikir inilah banyak pertengkaran antara pria dan wanita...entah itu antar sahabat, rekan kerja, apalagi suami istri yang notabene selalu bertemu setiap hari...kunci nya yaa,,,saling menghargai...

oh iyaa....saya pernah membaca juga kenapa akhirnya ada hari ibu tanpa ada hari ayah...karena apaaa......filosofi nya adalah merangkum seperti yang sebelumnya saya tuliskan, yaitu wanita yang berperasaan begitu lembut dengan tugas mulia yang begitu banyak dan menggadaikan nyawa memerlukan suatu "penghargaan" untuk menghargai perjuangan dan pengorbanan beliau beliau tercinta,,,,coba deh kalo hari ayah yang diperingati..seperti nya para laki2 juga tidak teralu mementingkan hal hal begitu detail seperti ini...karena semuanya tertutup dengan sifat dan kodrat mereka yang mengatakan "ya inilah tanggungjawab saya"...^^..


ini sekedar bacaan ringan ditengah euphoria hari ibu...^^..
pada akhirnya tetap ingin mengatakan...

love you so much mom (and also dad).....more than I can say to you...^^

Tidak ada komentar: